Sabtu, 29 Januari 2011

Kegiatan Kelautan Perikanan Cilegon 2010 - Bag 4


IV
PERMASALAHAN DAN UPAYA PEMECAHAN MASALAH

 4.1  Hambatan
                Disamping berbagai keberhasilan yang telah diraih, disadari masih terdapat  beberapa hambatan dalam pelaksanaan pengembangan kelautan dan perikanan yang dilaksanakan tahun 2010. Hambatan-hambatan tersebut adalah sebagai berikut:
1)      Tidak tercapainya target produksi perikanan tangkap yang antara lain disebabkan oleh; (1) faktor kondisi cuaca, (2) sarana prasarana alat tangkap yg masih minim, dll.
2)      Belum optimalnya upaya penanggulangan kemiskinan nelayan yang diakibatkan oleh skema pemberdayaan nelayan saat ini belum holistic.
3)      Belum berfungsinya PPI yang sedang dibangun akibat perencanaan yang kurang komprehensif.
4)      Masih rendahnya realisasi Investasi Usaha Perikanan oleh Pelaku Usaha
5)      Pelaksanaan tugas dilapangan belum didukung tenaga fungsional yang memadai sehingga Hasil kegiatan & kondisi Kelautan dan Perikanan tidak terpantau secara keseluruhan

4.2 Solusi
                Secara umum pengembangan kelautan dan perikanan tahun 2010 cukup menggembirakan, hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian masing-masing program. Bahkan beberapa indikator telah melewati target yang telah ditetapkan. Namun demikian, masih terdapat beberapa permasalahan seperti yang telah diuraikan diatas.
 Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut,upaya penyelesaian adalah sebagai berikut:
1)      Perlu proses perencanaan yang semakin matang untuk menghindari kemungkinan kegagalan pelaksanaan program serta menghindari program yang tidak tepat sasaran.
2)      Perlunya pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang semakin intensif untuk mengawal pelaksanaan program .
Perlunya akselerasi pengembangan industri perikanan melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif dan memikat yang mampu meningkatkan pajak, lapangan kerja, ketersediaan bahan baku, dan multiplier effect lainnya

1 komentar:

  1. semoga semakin rame blognya dan beritanya upade
    www.rajabatikikan.com

    BalasHapus